Yayasan Pelita Ilmu

Yayasan Pelita Ilmu (YPI) adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang kesehatan dan pendidikan.

Visi kami menjadi institusi terkemuka yang konsisten dan terpercaya dalam mewujudkan masyarakat yang berperilaku hidup sehat secara mandiri dan berwawasan luas sehingga mampu hidup produktif dan berkualitas.

Misi kami berupaya membentuk kemandirian masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, melalui pendidikan dan layanan kesehatan yang menjunjung tinggi pemenuhan hak asasi manusia dengan nilai partisipasi, keadilan jender, kemitraan, dan akuntabilitas.

Sabtu, 20 Desember 2014

Lapangan SD Jl. Peruk no.06 Bukit Duri Jakarta Selatan

19.00

Kondisi lokasi pada saat itu sangat strategis dengan warga yang ada di sekitarnya, Meskipun cuaca pada saat itu gerimis banyak warga yang datang di acara nobar Gerobak Bioskop. Kurang lebih sekitar 100 penonton datang, yang dominasi oleh remaja dan banyak juga anak-anak yang menonton acara tersebut.

Acara dibuka dengan perkenalan Gerobak Bioskop dengan penampilan Tarian Betawi yaitu Lenggang Nyai dan dilanjutkan dengan pemutaran film Warkop DKI yang berjudul Godain Kita Dong sekaligus menyantap hidangan yang telah disiapkan oleh panitia, lalu ada kuis yang diberikan panitia kepada penonton.

Hal positif yang diambil dari kegiatan ini adalah adanya kerukunan antar warga Bukit Duri untuk berbondong-bondong menonton Gerobak Bioskop, melestarikan adat dan kebudayaan betawi kepada masyarakat Bukit Duri.

Senin, 22 Desember 2014

Sanggar Ciliwung

Jl. Bukit Duri Tanjakan RW 12 Jakarta Selatan

19.00

Acara dimulai pada pukul 19.00 WIB di pandu oleh MC yaitu Iyong. Kondisi lokasi pada saat itu sangat sempit karena acara dilaksanakan di tengah jalanan di depan halaman Sanggar Ciliwung, yang pada waktu itu cuaca cerah berbintang. Banyak warga yang datang di acara nobar Gerobak Bioskop, kurang lebih 130  penonton didominasi oleh anak-anak  dan orang dewasa yang menonton acara tersebut.

Acara dibuka dengan perkenalan Gerobak Bioskop dengan penampilan Perkusi dan dilanjutkan dengan pemutaran film Benyamin Sueb dengan judul film Samson Betawi.

Hal positif yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah terjalinnya hubungan antara Sanggar Ciliwung dengan warga Ciliwung, kerukunan antar warga ciliwung untuk berbondong-bondong menonton Gerobak Bioskop, melestarikan adat dan kebudayaan betawi kepada masyarakat Bukit Duri.

Rabu, 24 Desember 2014

Sekertariat RW 07 Jl. Sawo Kecik 1 Jakarta Selatan

19.00

Acara di mulai pada pukul 19.00 WIB yang dipandu oleh MC Iyong. Kondisi lokasi pada saat itu sangat strategis karena acara dilaksanakan di tengah jalanan di depan halaman kantor RW Sawo Kecik. Walaupun jalanan tempat pemutaran ditutup, namun kegiatan pemutaran tidak mengganggu warga yang ingin melewati jalanan tersebut karena ada jalan alternatif.

Pada saat itu cerah berbintang banyak warga yang datang di acara nobar Gerobak bioskop kurang lebih 100 penonton yang dominasi oleh anak-anak dan orang dewasa yang menonton acara tersebut.

Acara dibuka dengan pembukaan dari Ketua RW 08 dan Ketua Karang Taruna RW 08, lalu perkenalan Gerobak Bioskop. Ini adalah kali pertama Yayasan Pelita Ilmu membuka booth merchandise, disana kami membagikan merchandise gratis kepada seluruh penonton lalu dilanjutkan dengan penampilan Keroncong Betawi, kemudian dilanjutkan dengan pemutaran film Benyamin Sueb dengan judul Samson Betawi.

Hal positif yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah acara lebih meriah dibandingkan dengan acara sebelumnya, karena adanya tamu undangan 12 RT dari RW 08, dan adanya games untuk lebih memeriahkan acara.

Jumat, 26 Desember 2014

Jl. Puri Mutiara 2 RT 08/11 Cilandak Barat Jakarta Selatan

19.00

Acara direncanakan mulai pukul 19.30 WIB. Tetapi rencana terkadang tidak sesuai dengan kenyataan dan keadaan, pada saat kami ingin mengadakan gerobak bioskop di Jl. Puri Mutiara 2 cuaca sudah mulai mendung, hujan telah turun sejak pukul 14.00. Kami berpikir hujan akan berhenti pada pukul 19.00, ternyata tidak sesuai dengan yang kami rencanakan, hujan baru berhenti menjadi gerimis pada pukul 21.00.

Suasana pada saat itu kami sangat gugup, ketakutan jika hujan dapat menggagalkan semuanya. Ternyata tidak, pemikiran negatif kami salah. Pada pukul 21.10 kami dan Karang Taruna bekerja sama untuk mendirikan tenda. Setelah tenda selesai didirikan hujan pun berhenti dan entah mengapa warga sedikit demi sedikit berbondong-bondong datang ke lapangan bulu tangkis untuk melihat gerobak bioskop.

Kemungkinan karena jauh-jauh hari kami sudah menempelkan kertas pengumuman yang kami sebarkan di sekitar wilayah tersebut. Tepat pada pukul 21.30 gerobak bioskop dimulai, dipandu oleh MC Hikmah Tunnisah, diawali dengan salam sapa kepada pengurus RT, RW, karang taruna dan warga setempat, kemudian acara diisi dengan sambutan-sambutan dari tuan rumah dan Karang Taruna.

Kondisi lokasi pada saat itu sangat strategis karna acara di laksanakan di tengah-tengah wilayah tersebut, MC melanjutkan dengan perkenalan gerobak bioskop dan memperkenalkan lembaga-lembaga yang terkait.

Penonton yang dominasi oleh anak-anak dan orang dewasa berjumlah sekitar 120an. Yayasan Pelita Ilmu membuka booth merchandise yang dibagikan secara gratis kepada seluruh penonton. Acara lalu dilanjutkan dengan penampilan Keroncong Betawi, kemudian pemutaran film Benyamin Sueb dengan judul film Samson Betawi.

Hal positif yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah acara lebih merihah lagi dibandingkan dengan acara sebelumnya, karena adanya tamu undangan dan games untuk lebih memberikan semangat kepada penonton agar berpartispasi. Warga sangatlah antusias dengan adanya gerobak bioskop ini dan berharap akan ada gerobak bioskop lainnya di tahun 2015.

Sabtu, 27 Desember 2014

Jl. Lebak Bulus, Gang H.Irin RW 007

19.00

Acara direncanakan mulai pada pukul 19.30 WIB. Pada saat diadakan cuaca sangat cerah dan mendukung, suasana disana sangat menyenangkan karena pada saat itu warga juga ikut mempersiapkan jalannya acara Gerobak Bioskop.

Ketua RT pun sudah memberi pengumuman untuk warga Gang H.Irin menonton acara Gerobak Bioskop beberapa hari sebelumnya. Acara pada saat itu di pandu oleh MC yaitu Iyonk, diawali dengan salam sapa kepada pengurus RT di daerah Gang H.Irin.

Kondisi lokasi pada saat itu sangat strategis karena acara di laksanakan di tengah-tengah wilayah tersebut, MC melanjutkan dengan memperkenalkan gerobak bioskop, memperkenalkan lembaga-lembaga yang terkait.

Penonton masih didominasi oleh anak-anak dan orang dewasa. Yayasan Pelita Ilmu  membuka booth merchandise yang dibagikan gratis kepada seluruh penonton lalu dilanjutkan dengan penampilan Musik Melayu dan dilanjutkan dengan pemutaran film Benyamin Sueb dengan judul film Samson Ngibul.

Hal positif yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah seluruh tim bekerja sama dengan kompak dibandingkan dengan acara sebelumnya, dan adanya games untuk lebih menyemarakan suasana.